Pages

Selasa, 26 November 2013

Cara Menjadi Seorang Penulis Yang Baik

Bagaimana cara menulis yang baik? Saya pun belum bisa melakukannya, tapi saya buat artikel ini sengaja agar kita bisa sama-sama belajar, bagaimana cara menulis yang baik dan benar.


Menulis adalah sebuah pekerjaan yang sangat mudah, siapa saja pasti bisa melakukannya. Tapi menulis dengan cara yang baik dan benar ini yang jadi masalah, sebab tidak sembarang orang bisa melakukannya termasuk saya.



Untuk menjadi seorang penulis yang baik dan handal dibutuhkan skil pemahaman kata yang kaya. Memahami dengan baik pemrograman sebuah kalimat, sehingga alur bahasan menjadi enak untuk dibaca dan mudah dimengerti sipembaca nantinya.

Seorang penulis yang baik harus tahu dan paham betul apa yang sedang ditulisnya, bagaimana cara meletakkan susunan kalimatnya, dimana dia harus meletakkan tanda koma, tanda titik dan sebagainya. Menulis ibarat berkata-kata, bahkan lebih sulit karena sipembaca dipaksa mencerna sendiri apa maksud yang disampaikan sipenulis.

Nah, disini saya ingin sedikit memberikan tips bagaimana cara menulis yang baik.

1. Yang pertama membuat topik bahasan, apa yang akan kita sampaikan kepeda pembaca. Pastikan berapa paragraf yang akan kita buat. Yang pasti paragraf pertama adalah pembukaan, yang kedua isi topik bahasan, dan yang ketiga penutup.

2. Pergunakan bahasa yang sifatnya umum mengacu pada kamus besar bahasa indonesia, sehingga semua orang yang membaca tulisan anda bisa memahaminya dengan mudah.

3. Jangan dibiasakan menyingkat sebuah kalimat, terkadang kita bermaksud menyingkat waktu dengan memendekan sebuah kalimat seperti yang jadi yg, dan sebagainya. Mungkin anda sebagai penulis akan dengan mudah menafsirkannya, tapi bagi pembaca yang datang dari berbagai usia dan kalangan apa mereka juga akan mudah menafsirkannya? Ingat, pembaca adalah segalanya, jadi kemudahan pembacalah yang harus diutamakan.

4. Jangan terlalu sering mengulang kata dalam sebuah kalimat.

5. Perhatikan ukuran huruf, pakailah font yang wajar agar enak dibaca dan tidak membuat lelah mata pembaca. Perhatikan juga warna huruf, sesuaikan dengan warna latar blog sobat.

Mungkin dari saya cuma segitu dulu yang menjadi syarat utama untuk menjadi seorang penulis yang baik. Dan pastinya masih ada lagi yang perlu ditambahkan.

Semoga ada sedikit manfaat yang bisa kita petik. Aamiin ~

0 komentar:

Posting Komentar